Monday, March 24, 2014

Me and My Violin

Hm kali ini nih gue pengen bingits nge share sesuatu yang membuat gue gregetan dan seneng sama yang satu ini, apalagi kalo bukan BIOLA. Yeaa, gue seneng banget sama alat musik yang satu ini. Gue nih ya kalo ngeliat orang maen biola tuh, rasanya smooth gitu dah. Kayaknya ada keenakan tersendiri kalo ngeliat orang maen biola. Sebenernya gue lebih prefer sama piano, di mata gue cewek yang maen piano tuh keliatan anggun dan agak gimana gitu. Tapi kalo di bandingkan sama biola yak, yang bikin gue sneng banget sama biola tuh penasaran untuk maininnya. Ehem, gue sebenernya bisa maenin biola ya walaupun belom pro banget sih, masih biasa banget gue mah (bukan merendah diri, tapi emang kenyataan). Okelah, langsung aja deh gue ceritain awal gue sampe bisa main biola. This my story goes....

Awal gue masuk les biola itu kira-kira kelas 8 (kalo ngga salah), ya belom telat-telat banget lah untuk mulai les musik. Sebelom les biola, dulu sebenernya nyokap gue mau masukkin gue les piano pas SD tapi waktu tes gue ngga lolos :') tapi dulu waktu kecil jujur aja gue males les-les musik kayak gitu hahaha. Tapi pas SMP, gue mulai berpikir kalo gue pengen banget maenin salah satu alat musik. Soalnya kalo menurut gue, mainin alat musik itu bisa dijadiin alternatif buat lampiasin emosi. Gue pun minta buat les biola, dan biola pertama gue pun dibelikan. Dulu sebelom masuk les biola, gue sempet nanya-nanya sekalian minta dijelasin dikit teori-teorinya sama sepupu gue. Dan akhirnya gue dikasi buku not lagu buat biola, tapi masih yang basic banget sih. Walaupun gue dikasi buku itu gue ngga langsung praktekkin, tapi gue baca-bacain dulu. Karna percuma aja kalo langsung gue praktekkin, ngga ngerti juga wkwk. Yap, lama setelah itu gue iseng-iseng mainin biola gue, gue nebak-nebak nada buat maenin suatu lagu. Lama-lama makin penasaran, gue pun sempet berusaha mempraktekkan mainin not-not lagu yang ada di buku yang dikasi sepupu gue itu. Tapi tetep aja belom ngerti, bukan belom ngerti maininnya gimana tapi bingung baca not nya hahaha.

Gue pun masuk nih les biola, gue les biola di Yamaha Music School, Menteng. Les biola gue diadain sekali seminggu, dengan ada pr buat latihan dirumah (tapi gue jarang lakuin hihi). Pas awal-awal mainin biola tuh ya, rasanya pegel banget menopang biola, terus jari-jari gue belom lincah buat pindah-pindah senar dan itu membuat gue ribet. Gue belajar main biola berawal dari ngelantunin not-not lagu yang sederhana dulu, dimulai dari senar per senar. Setelah beberapa bulan gue ngejalanin les biola, waktu kelas 9 itu pertama kalinya gue main biola didepan temen sekelas gue. Waktu itu gue ngiringin kelompok gue tampil musikalisasi puisi waktu pelajaran Bahasa Indonesia, awalnya temen sekelompok gue kurang yakin nih sama gue karna gue masih dasar banget. Latihan-latihan pun gue jalanin, dan finally musikalisasi puisi kelompok gue sukses !! Yeah, seneng banget gue ! Terus waktu dulu masih sekolah minggu, gue sempet tampil  beberapa kali di gereja, yang gue inget waktu paskah dan natal. Yang pas paskah gue duet sama sepupu gue ngiringin pembacaan alkitab, terus yang pas natal gue duet lagi sama sepupu gue ngiringin prosesi penyalaan lilin. Terus gue dulu sempet gabung di kumpulan buat pelayanan di gereja (tapi yang isinya anak sekolah minggu) seperti padus dan main musik, gue di bagian main musik. Pokoknya setiap sabtu atau minggu sehabis gereja kita latihan dan kalo ngga salah kita tampil 2x atau 3x gitu dah. Gue udeh lupa juga sih hehe. Dan perjalanan gue dengan biola ini masih berlanjut sampe gue SMA, waktu gue kelas 7 kalo ga salah pas acara paskah gue jadi pemain musiknya loh. Itu adalah momen paling mendebarkan, kenapa mendebarkan ?? Soalnya disaksikan 3 angkatan men, dan juga para petinggi yayasan sekolah gue. Tapi pada akhirnya sukses kok, bersyukur banget gue :') tapi les biola gue ini berhenti setelah beberapa minggu gue lulus SMA gara-gara mulai full sama bimbel dan tes-tes universitas. Dan sekarang gue kangen momen waktu masih ngeles sama tampil maen biola lagi, jadi pengen lanjutin les tapi ngga ada waktu luang lagi. Tapi gapapa, selama gue tau basic nya mungkin gue bisa iseng-iseng latihan sekalian ngereview. Enak loh main biola tuh, kalo udah kebawa sama nada yang kita mainin kita kerasa ringan gimanaaa gitu hahaha.
Yap, itulah cerita dari gue. Udehan yew, gue juga bingung mau lanjutin apalagi haha.


My Violin
Source : Photo Taken by Me


0 comments:

Post a Comment